Minggu, 28 Februari 2010

Unicef Kunjungi Puskesmas dan SD

TULUNGAGUNG -Selama dua hari Rabu (10/2) dan Kamis (11/2) kemarin, 12 delegasi dari per­wakilan badan kesehatan du­nia atau Unicef Ukraina meng­adakan kunjungan di Tu­lung­agung. Me­re­ka ingin melihat dari de­kat se­pu­tar bantuan Unicef di bi­dang ke­se­hatan khususnya me­nge­nai il­mu bumi, Wanita Usia Su­bur (WUS), bayi dan anak se­ko­lah.
Perwakilan Unicef Ukraina ini ter­diri dari dokter, wartawan dan pu­blik figure. Ke-12 delegasi ini se­ngaja datang ke Tulungagung se­telah terkesima mendengar in­for­masi dari Presiden Unicef Mrs Angela Kearney yang pernah ber­kunjung ke Tulungagung pa­da 27 Mei tahun lalu. Saat itu, Mrs Angela terkesan dengan pe­la­yan kesehatan di kota marmer ini.
Menurut Dr Gatot Poerwanto, ke­­pala Dinkes Tulungagung me­la­lui kepala bidang Yankes Tris­wa­­ti Sasmito, kunjungan de­le­ga­si Ukra­ina selama dua hari ini me­li­hat langsung dan meninjau be­be­ra­pa tempat pelayanan ke­se­hat­an. “Me­reka melihat langsung pro­gram-program Puskesmas, Pos­yan­du, SD dan MTs,” ung­kap­nya saat men­dam­pingi de­le­ga­si Ukraina.
Sedang maksud dan tujuan ini men­dapatkan masukan beberapa pro­gram imunisasi, TT bumi dan BBL (Maternal and Neonatal Te­ta­nus Immunization Program). Di hari pertama delegasi Ukraina me­ngunjungi LPA Tulungagung. Me­reka berdialog dengan dewan anak terkait dengan aktivitas da­lam menyebarluaskan pe­ma­ham­an perlindungan anak baik di Tu­lungagung, Jawa Tumur dan Na­si­onal. Sedang pada hari ke-2, De­legasi Unicef Ukraina me­ngun­jungi SDN Beji melihat peng­integrasian pendidikan life skill pencegahan flu burung, gizi per­lindungan anak dan kesehatan ke dalam pelajaran sekolah serta ber­dialog tentang BIAS (Bulan Imu­nisasi Anak Sekolah).
Kunjungan dilanjutkan ke Pus­kes­mas Ngunut Tulungagung. Di Pus­kes­mas Ngunut, delegasi Uni­cef Ukraina diterima dr Kasil Rokh­mat, kepala Puskesmas Ngu­nut. Di puskesmas Ngunut ini, para delegasi Ukraina ter­ke­si­ma melihat pelayanan ke­se­hat­an yang sangat bagus. Seperti ling­kungan puskesmas Ngunut yang bersih dan tersedianya be­be­rapa poli andalan.
Menurut dr Kasil, Puskesmas Ngu­nut mempunyai beberapa po­li unggulan yang tidak dimiliki pus­kes­mas lainnya. “Di sini ada poli klinik lansia yang me­na­ngani problem kesehatan lansia de­ngan model pengobatan secara paliatif yakni melalui refleksi, di si­nar, terapi pemanasan, aku­pun­tur dan lain se­ba­gai­nya,” ung­kap­nya.
Tidak hanya itu, di Puskesmas Ngu­nut juga dilengkapi dengan Po­li klinik Harmoni yakni pe­na­ngan­an penyakit HIV/AIDS ser­ta poli klinik hamil yang dilayani de­ngan pemeriksaan USG. “Pus­kes­mas Ngunut senantiasa siaga 24 jam dalam melayani ke­se­hat­an pada masyarakat,”tambah dok­ter teladan 2009.
Mengakhiri kunjungannya, de­le­ga­si Unicef Ukraina ber­kun­jung ke MTs Aryojeding untuk me­li­hat pengintegrasian pen­di­di­kan life skill lesehatan, gizi serta pen­ce­gahan HIV/AIDS ke dalam pelajaran sekolah. (sim/adv/and)

0 komentar:

Posting Komentar

Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih....