Rabu, 14 April 2010

Obat Seks 'Madu Gila' Ternyata Beracun..!!

Ankara, Madu dianggap sebagai salah satu makanan pembangkit gairah seks alias aprodisiak. Tapi tak sedikit pula kasus keracunan gara-gara menggunakan 'madu gila' sebagai stimulan seks.

Berbeda dengan madu olahan, 'madu gila' adalah madu yang diproduksi dari nektar rhododendron yaitu spesies tanaman tertentu yang mengandung racun. Pria banyak menggunakan 'madu gila' untuk mengobati disfungsi seksual dan meningkatkan gairah seks.

Peneliti Turki mencatat 21 kasus keracunan 'madu gila' yang dirawat di Unit Gawat Darurat (UGD) terjadi selama lebih dari lima tahun. Hampir semua pasien merupakan pria paruh baya atau lebih tua.

"Di Turki, sebagian besar pembeli 'madu gila' tahu bahwa mereka akan mendapatkan madu khusus dan mendiskusikan kemungkinan efek samping dengan peternak lebah yang menjualnya," kata Dr Ahmet Demircan, dari Universitas Gazi di Ankara, Turki, peneliti utama tentang 'madu gila', seperti dilansir dari FoxNews, Senin (12/4/2010).

Keracunan biasanya terjadi karena pasien mengonsumsi 'madu gila' lebih dari takaran yang dianjurkan dan akhirnya menyebabkan efek samping yaitu keracunan parah.

Demircan dan rekannya mengkaji lebih dari 200.000 dokumen pasien yang dirawat di UGD antara bulan Desember 2002 dan Januari 2008.

Pasien keracunan biasanya mengalami gejala seperti pusing, mual dan muntah sekitar satu jam setelah menelan madu. Madu ini kadang-kadang digunakan sebagai alternatif obat untuk mengobati masalah perut dan usus. Dan 'madu gila' diketahui mengandung racun yang disebut grayanotoxin I.

Konsentrasi zat toksin yang disebut grayanotoxins inilah yang menjadikan 'madu gila' sangat berbahaya. Grayanotoxins dapat menyebabkan tekanan darah rendah, detak jantung melambat, muntah, pusing bahkan pingsan.

Toksin ini dapat ditemukan dalam daun dan bunga Rhododendron, serta azalea dan diekstraksi oleh lebah sebelum menjadi madu. 'Madu gila' yang mengandung grayanotoxins adalah madu alam, sedangkan madu olahan tidak mungkin mengandung grayanotoxins.

Seperti dilansir dari BBC, satu sendok teh 'madu gila' mungkin sudah cukup untuk dapat menyebabkan keracunan.


jd ayo kita kampayekan hidup sehat

0 komentar:

Posting Komentar

Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih....